√ 10 Jenis Gitar dan Bentuknya Yang Wajib Pemula Ketahui

Rate this post

Macam-Macam Gitar – Musik merupakan salah satu bahasa universal yang digunakan untuk mengekspresikan suasana hati baik di saat bahagia maupun sedih. Perpaduan dari suara penyanyi dan didukung instrumen musik yang pas mampu menghasilkan lagu dengan beragam ekspresi. Dan salah satu alat musik yang paling sering, mudah kita temui dan populer di berbagai kalangan masyarakat adalah gitar.

Gitar merupakan salah satu alat musik yang disukai banyak orang dan seringkali menjadi teman ketika sendiri ataupun berkumpul dengan kawan untuk mengiringi musik dan menyanyi bersama. Tak heran jika banyak anak muda pemula baik pria, wanita maupun yang sudah tua pun yang gemar mempelajari cara bermain gitar akustik ataupun elektrik. Namun tahukah kalian bahwa selain gitar gitar akustik dan listrik, ada beragam jenis gitar diluar sana yang memiliki bentuk berbeda serta alunan suara musik yang dihasilkannya pun juga berbeda. Yuk, simak di bawah ini macam-macam gitar yang perlu kalian ketahui!

Nama-Nama Gitar dan Bentuknya Yang Digemari Pecinta Musik Di Dunia

nama-nama-jenis-gitar-dan-bentuknya
Nama-Nama Jenis Gitar dan Bentuknya

1. Gitar Akustik Klasik dan Senar Baja (Steel-Base String)

gitar-klasik

Jenis gitar yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kalian karena mudah sekali ditemukan. Dikenal juga dengan sebutan Gitar Spanyol yang menjadi daerah asal penciptaannya, ukuran body gitar akustik klasik memiliki bentuk yang tebal dengan pinggang yang ramping,bagian lehernya tampak lebar dengan ukuran dot inlays lebih tinggi serta tidak mempunyai fret. Selain itu, salah satu ciri khas gitar klasik ini yaitu senar bass yang mempunyai inti nilon yang terbungkus lapisan baja atau nilon dan menggunakan bahan nilon biasa untuk senar treblenya. Mampu menghasilkan nada yang lembut, tebal dan mellow membuat gitar klasik sangat pas untuk memainkan musik latin dan juga musik klasik.

gitar-akustik-senar-baja

Sekilas dari segi bentuk, gitar akustik senar baja ini mirip dengan gitar klasik karena pada dasarnya kedua gitar tersebut masih satu jenis yakni akustik. Namun yang membedakan gitar akustik senar baja dengan saudaranya tersebut ialah dari jenis senarnya yang seluruhnya menggunakan full baja bukan nilon. Sehingga bagi orang yang baru pertama kali mencoba memainkannya akan merasakan sakit karena belum terbiasa. Gitar akustik ini sangat cocok bagi gitaris pemula yang baru ingin belajar bermain gitar. Selain itu banyak pencipta lagu yang memilih gitar ini sebagai instrumen dasar mereka dalam berkarya. Gitar akustik ini pun sangat cocok menemani saat nongkrong dan mengahangatkan suasana bersama teman-teman.

2. Gitar Elektrik / Listrik

gitar-elektrik

Bagi pemain musik pop, blues, jazz dan rock, gitar elektrik merupakan salah satu instrumen yang sering dipergunakan disertai dengan amplifier untuk mendapatkan suara yang kencang sesuai keinginan. Dibandingkan gitar akustik yang memiliki suara lebih lembut, suara yang dihasilkan oleh gitas listrik jauh lebih kencang dan lebih kasar tergantung dari pengaturannya. Dari segi bentuk pun tentu kedua jenis gitar tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Dimana gitar elektrik memiliki bobot yang lebih berat namun senarnya lebih tipis. Dan bagi yang tertarik pada alat musik yang satu ini, sekarang sudah banyak bermunculan jenis gitar elektrik dan harga yang bervariasi di pasaran tergantung dari model dan merknya.

3. Gitar Flamenco

gitar-flamenco

Bagi orang yang awam mungkin akan mengira jenis gitar yang satu ini sama dengan gitar akustik. Akan tetapi gitar flamenco lebih dibuat khusus hanya untuk genre musik flamenco dan fleksibilitasnya luas mirip dengan gitar stell-based string (senar baja). Umumnya bagian atas gitar ini terbuat dari kayu pohon cemara dan untuk bagian samping dan belakangnya terbuat dari kain cypyp dari Spanyol, rosewood atau sycamore. Kualitas suara yang dihasilkan oleh gitar flamenco pun lebih terang dan perkusif dibandingkan gitar akustik karena memang desainnya lebih ringan dengan bagian atasnya yang lebih tipis. Orang-orang ataupun musisi yang biasanya suka memainkan nada-nada dengan variasi panjang kebanyakan memilih menggunakan jenis gitar yang satu ini.

4. Gitar Archtop

gitar-archtop

Gitar Archtop juga dikenal sebagai gitar semi-hollow body dengan senar baja yang sangat digemari hampir di seluruh dunia oleh para musisi jazz. Salah satu yang membedakan jenis gitar ini dibandingkan jenis akustik adalah bodi bagian atasnya terbuat dari kayu maple. Selain itu suara yang dikeluarkan oleh archtop ketika dimainkan memiliki sentuhan melllow meskipun cenderung agak mirip gitar elektrik. Itulah kenapa gitar jenis ini sangat cocok bagi para penggemar musik jazz.

5. Gitar Semi-Akustik

gitar-semi-akustik

Jenis selanjutnya yaitu gitar Semi-Akustik yang pada bagian tengahnya memiliki hollow sound box yang besar dengan tujuan menghasilkan suara yang nyaring tanpa perlu menggunakan amplifier ketika kita bermain di kamar atau ruangan kecil. Perlu anda ketahui bahwa mengapa gitar ini disebut Semi-Akustik karena suara yang dihasilkan oleh instrumen yang satu ini berbeda dengan gitar akustik biasa disebabkan oleh adanya sound box bermaterialkan metal yang ada pada gitar semi-akustik itu sendiri.

6. Gitar Dua Belas Senar

gitar-dua-belas-senar

Walaupun sekilas tampak seperti gitar enam senam pada umumnya, namun jika diperhatikan dengan seksama jenis gitar yang satu ini memiliki perbedaan yang mencolok yakni memiliki dua belas senar yang menjadi satu. Untuk dapat memainkan gitar dua belas senar ini agar suaranya tidak terdengar fals, anda diharuskan menekan bagian senarnya dengan kencang. Sehingga Kualitas suara yang lebih jelas dan jernih dapat dihasilkan dari gitar yang memiliki dua belas senar ini.

7. Gitar Resonator

gitar-resonator

Salah satu jenis gitar yang memiliki desain bodi yang unik dan beda dari gitar lainnya adalah gitar resonator yang mana banyak digemari oleh para musisi blues dan country. Bagaimana tidak, meskipun lekukan bodinya mirip gitar biasa, namun kita tidak akan menemukan sound hole biasa pada bagian tengahnya. Sound hole biasa tersebut digantikan dengan piringan bundar yang dibaliknya terdapat resonator kerucut yang memiliki fungsi sebagai sebuah loudspeaker guna memanipulasi suara genjrengan gitar menjadi terdengar lebih sengau.

8. Gitar Double Neck

gitar-double-neck

Jenis gitar ini biasanya dipakai oleh musisi atau gitaris yang ingin memainkan banyak notes namun tidak memungkinkan dengan hanya memakai satu gitar saja untuk berganti-ganti notes. Sesuai dengan namanya, gitar double neck ini adalah gitar yang memiliki satu body yang menjadi resonator center dengan dua leher yang terdiri dari enam senar dan dua belas senar. Sehingga sebagian orang menyebutnya gitar 2 in 1 atau dua jenis gitar dalam satu bentuk.

9. Gitar Baja

gitar-baja

Salah satu tipe Gitar elektrik asal Hawaii ini memiliki tampilan yang berbeda serta bobot yang lebih berat dibandingkan gitar lainnya dan memiliki dua jenis yang berbeda. Gitar baja jenis pertama dapat dimainkan di atas pangkuan anda dengan posisi horizontal dan menggunakan pedal. Yang mana volume di pedalnya di atur menggunakan kaki kanan sedangkan instrumen yang ada pada pedal dimainkan dengan kaki kiri. Sedangkan untuk jenis gitar baja yang kedua bisa dipakai baik diletakkan di atas meja ataupun pangkuan, akan tetapi cara memainkannya menggunakan metal bar, bukan dengan menekan senar yang ada pada fretboard.

10. Gitar Bass

gitar-bass-elektrik

Dan jenis gitar yang terakhir sekaligus menjadi salah satu instrumen yang amat populer adalah gitar bass. Gitar yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan jenis lainnya yang mana ukuran senarnya tampak lebih tebal dan biasanya memiliki ukuran leher yang agak panjang. Selain itu, terdapat dua tipe gitar bass yang umumnya digunakan oleh berbagai musisi di dunia yakni akustik gitar bass dan elektrik gitar bass.

Itulah tadi berbagai jenis gitar dan bentuknya untuk pemula yang baru ingin belajar memainkannya. Semoga dengan informasi yang kami berikan di atas dapat membuat anda lebih mengetahui dan mengenal berbagai nama-nama gitar baik itu yang akustik maupun elektrik. Dan jangan lupa tuliskan pengalaman kalian di kolom komentar jenis gitar manakah pernah kalian mainkan dan sukai ya!

Tags: