[TUTORIAL] Cara Cepat Mahir Bikin Lagu Pakai FL Studio 12 [Part 2] – Aplikasinya Alan Walker Dan Martin Garrix

5 (100%) 1 vote

Panduan Mahir Bikin Lagu Di FL Studio 12 Bagi Pemula~ Bagi kalian yang baru mencoba pakai Fruity Loop terbaru atau disebut juga FL Studio 12 yang merupakan software DAW buatan Image-Line ini, mungkin beberapa kalian masih bingung saat ingin membuat lagu terutama tentang mengatur Sampler yang ingin kalian buat ataupun mainkan. Pertanyaan yang sering ditanyakan ke admin blog tutorialbelajardj.xyz selama ini yaitu tentang bagaimana supaya Sampler nya bisa bermain beriringan atau tidak bentrok bersamaan.

Baca selengkapnya disini : Apa Sih FL Studio Itu?

Bagaimana Cara Bikin Lagu Dengan Sampler Dan VST Berbeda Yang Benar Supaya Tidak Bentrok Di FL Studio 12?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara bikin lagu yang benar di FL Studio supaya Sampler ataupun VST yang ingin dimainkan tidak kacau maupun bentrok. Namun sebelumnya kami akan memberikan penjelasan dasar apa saja yang perlu kalian perhatikan sebelum menerapkan pelajaran kali ini khususnya bagi kalian yang ingin belajar dj seperti Alan Walker ataupun Martin Garrix yang juga pakai aplikasi ini.

Hal Dasar Bagi Pemula Yang Wajib Kalian Perhatikan Sebelum Bikin Lagu Yang Baik Dan benar Pada FL Studio

cara-bikin-lagu-pakai-fl-studio-12-untuk-pemula
Tutorial Bikin Lagu Pakai FL Studio 12 Untuk Pemula

Song / Pattern Mode (Panah Warna Merah)

Ini merupakan tombol untuk memilih apakah kita ingin mengaktifkan Pattern Mode (tombolnya menyala) ataukah Song Mode (tombolnya off seperti pada gambar). Bagi sobat deejaay yang masih bingung perbedaan dari keduanya, kami akan menjelaskannya di bawah ini.

  • Song Mode

Memainkan musik di semua Pattern pada kolom Track, artinya semua musik yang sudah kalian buat di tiap Pattern akan di jalankan di Kolom Track di bawah.

  • Pattern Mode

Baca selengkapnya : Cara Mudah Belajar DJ Bagi Pemula

Bila tombolnya menyala, maka musik di mainkan di kolom Track hanya Pattern yang sedang aktif saja.

Pattern (Panah Hijau)

Pattern merupakan tempat dimana kita membuat musik atau nada menggunakan 1 Sampler / plugin VST atau lebih, juga mengatur beat yang didingkan pada musik. Cara mengganti Pattern sendiri yaitu dengan mengarahkan kursor mouse ke tulisan “Pattern 1” (lihat panah hijau), kemudian scroll keatas atau kebawah untuk memilih Pattern mana yang kalian inginkan.

Channel (Panah Biru)

Untuk Panah biru sudah dijelaskan di pembahasan sebelumnya tentang apa itu Channel Di FL Studio. Bagi kalian yang belum mengetahuinya bisa baca selengkapnya disini : Tutorial Cara Bikin Beat Drum Di FL Studio 12

Langkah-Langkah Yang Wajib Diperhatikan Untuk Bikin Lagu Dengan Beragam Sampler Dan VST Di FL Studio 12

Pembahasan kita kali ini tentang bagimana cara membuat lagu dengan menggunakan 2 Pattern atau lebih. Caranya sebagai berikut.

  1. Pastikan tombol Song / Pattern Mode (panah merah)sedang tidak menyala (berada pada Song Mode)
  2. Pilih Pattern Pertama yang kalian inginkan. Disini saya menggunakan Pattern 1 terlebih dahulu. (panah hijau)
  3. Pilih Channel yang ingin kalian pakai. Sebagai contoh saya akan menggunakan Channel yang secara default berisi Sampler Drum. Lalu saya memilih Channel Kick (Channel 1) dan mengisinya dengan beat drum yang saya inginkan secara otomatis pada Steap Sequencer.
    Cara mengisi beat secara otomatis di Steap Sequencer yaitu :
    – Klik kanan Channel yang kalian inginkan,
    – Lalu pilih beat / tempo yang ingin kalian isi
    – Kemudian klik pilihan 2 , 4 atau 8 steps
  4. Kemudian pilih Pattern Kedua yang kalian inginkan. Sebagai contoh saya memilih Pattern 2.
    cara-bikin-lagu-pakai-fl-studio-12-untuk-pemula-2
  5. Isi Channel yang kalian ingin mainkan pada Pattern 2 ini. Sebagai contoh Saya memilih Channel Snare.
  6. Setelah mengisi kedua Pattern yang kalian inginkan. Sekarang kita akan memasukkannya ke kolom Track yang ada di bawah. (lihat gambar di bawah) Pertama pastikan kalian memilih Pattern 1 terlebih dahulu. Kemudian Klik Kiri pada kolom Track 1. bagi sobat Deejaay yang masih belum paham tentang beberapa perintah dasar di kolom Track ini, akan kami jelaskan sebagai berikut.- Klik Kiri : menambahkan Pattern yang kalian pilih(sedang aktif) pada kolom Track. Kalian bisa menambahkan Pattern yang sama dengan mengklik kiri tempat pada kolom Track yang kalian inginkan.-Klik Kanan : fungsinya untuk menghapus Pattern yang kalian inginkan. Cukup arahkan kursos pada pattern tertentu lalu Klik Kanan, maka yang kalian pilih itu akan terhapus.- Hold & Drag : menggeser / memindahkan posisi Pattern, sehingga kalian bisa menentukan pada detik ke berapa Pattern tersebut akan dimainkan. Kalian juga bisa menambahkan panjangPatter pada kolom Track dengan mengarahkan kursor di sebelah kiri atau kanan pada Pattern yang kalian inginkan dan menggesernya kekiri maupun kekanan.
    cara-bikin-lagu-pakai-fl-studio-12-untuk-pemula-3
  7. Lanjut ke langkah yang berikutnya, setelah menampatkan Pattern 1 pada kolom Track 1. Selanjutnya ganti / pilih Pattern 2. Lalu lakukan cara yang sama seperti langkah no. 6. Sebagai contohnya saya menempatkan Pattern 2 pada Track 2 dan saya posisikan di detik ke-2.
  8. Setelah sudah memasukkan ke 2 Pattern tadi, klik tombol Play, maka Pattern 1 akan dimainkan terlebih dahulu dan disusul oleh Pattern 2 bila mencapai posisinya.
    cara-bikin-lagu-pakai-fl-studio-12-untuk-pemula-4

Cara Mixing Lagu Pakai FL Studio 12 Bagaimana?

Kalau kalian mau mix lagu atau Mixtape, kalian bisa menggunakan cara yang sama. Yaitu dengan menambahkan lagu pada Pattern yang berbeda dan mengatur posisi lagunya ingin dimainkan pada detik atau menit keberapa.

Itulah Tadi Cara Bikin Lagu Di FL Studio 12 bagian kedua untuk pemula. Semoga dengan penejelasan yang kami berikan pada kesempatan kali ini kalian bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian serta lebih mahir buat bikin lagu dengan aplikasi andalan Alan Walker dan Martin Garrix ini.

Tags: