[Tutorial] Mengenal Mixer DJ Beserta Fungsi Tombolnya Untuk Mixing Lagu

Rate this post

Penjelasan dan fungsi mixer dj untuk mixing lagu ~ Salah satu alat utama seorang DJ dalam hal menunjang aksinya selain CDJ Player ialah adanya Mixxer DJ. Bahkan kedua alat tersebut merupakan satu set alat buat DJ. Sesuai namanya alat ini fungsinya untuk membantu proses mixing, dan equalizing antara lagu pertama dengan lagu kedua dan lagu lainnya. Supaya perpindahan lagunya menjadi halus.

Sedangkan CDJ Player sendiri berfungsi untuk memutar lagunya. Untuk sobat Tutorial Belajar DJ yang belum mengenal alat yang satu ini, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dan juga fungsinya mulai dari yang paling standard dan simple terlebih dahulu sebelum nantinya menggunakan yang lebih modern dan tentunya banyak fitur disediakan.

Belajar Mengenal Fungsi Tombol Pada Mixer Standard

Yang akan kita jadiin contoh pada bahasan ini yaitu Pioneer DJM-300s, adalah model lama dan classic, merupakan alat dj yang paling simple dan mudah dipahami serta mudah digunakan. Ukurannya yang kecil, ringan dan praktis sekali untuk digunakan.

Terdapat 2 varian warna, yaitu warna putih dan warna hitam. Mixer ini sangat cocok sekali buat DJ pemula, karena hanya terdiri dari 2 channel buat proses mixing lagunya. Dan selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi tombol pada alat yang satu ini.

Penjelasan Fungsi Tombol Pada Pioneer DJM-300s

Penjelasan-Dan-Fungsi-Mixer-DJ-Untuk-Pemula
Penjelasan Dan Fungsi Mixer DJ Untuk Pemula

Bagian tombol penting Pioneer DJM-300s yang sering digunakan oleh DJ ketika mixing lagu :

Tombol Equalizer (Kotak Biru)

Bagian yang kami beri tanda kotak warna biru adalah tombol-tombol yang berfungsi untuk mengatur(setting) equalizer lagu. Keterangan untuk tiap tombolnya yaitu, Low = Bass , Mid = Middle, Hi/High = Trebel atau nada berfrekuensi tinggi ( seperti suara hi hat dan ces).

Pada bagian inilah seorang DJ biasanya melakukan balancing antara lagu yang pertama dan kedua, jadi ketika pergantian lagu menjadi halus.

Dan tombol yang paling atas ‘Trim = Gain / volume” fungsinya untuk menambah gain pada lagu jika salah satu lagu yang ada diantara kedua channel terdengar pelan, syaratnya yaitu kalau volume-nya mentok tapi gain pada kedua lagunya tidak bisa sama.

Volume Level ( Kotak Hijau)

Tombol itu dipakai untuk proses mixing, fungsinya menaikkan dan menurunkan volume lagu. Bila posisinya di atas berarti lagu tersebut sedang aktif dan suaranya keluar di speaker, dan apabila posisinya di bawah statusnya tersebut merupakan lagu kedua(stand by),

Pada saat pergantian lagu, maka seorang DJ akan mengerakkan keduanya(yang satu naik, dan yang satunya lagi turun) secara perlahan. Tetapi tidak langsung bersamaan, karena harus menunggu timing yang pas tepat.

Baca selengkapnya : Cara Mudah Belajar DJ Bagi Pemula

Preview Channel (Bulatan Putih)

Fungsi tombol ini yaitu untuk melakukan preview atau mendengarkan lagu yang akan di-mix di CDJ pada channel 1 atau Channel 2. Untuk mendengarkan lagu di channel 1, kita harus mengaktifkan tombol ch-1 (status on). Untuk mendengar 2 lagu di headphone maka kedua tombolnya harus diaktifkan.

Monitor Level (Bulatan Merah)

Tombol ini berfungsi untuk mengatur output suara ke headphone. Bisa posisi knob berada di tengah maka 2 lagu akan terdengar. Apabila hanya ingin mendengarkan satu lagu saja, kalian cukup memutarnya ke kiri atau ke kanan.

Saran dari kami, sebaiknya pada saat proses mixing lagu posisinya harus berada ditengah. Tujuannya untuk mendengar apakah 2 lagu yang akan di mix telah sama atau belum beatnya.

Baca juga : [Dibawah 8 Juta] 5 Rekomendasi Harga Mixer DJ Murah Untuk Pemula

Crossfader

Tombol ini digunakan untuk melakukan cross output audio(keluaran suara) dari channel 1 dan 2, ataupun untuk melakukan balancing di kedua channel. Apabila posisinya di tengah maka keluaran suaranya akan ditentukan dari volume level yang sedang naik.

Apabila posisi cross fader berada di sebelah kiri(CH-1) maka hanya channel di sebelah kiri saja yang suaranya akan keluar begitupun juga dengan sebaliknya. Tombol crossfader ini sering digunakan seorang DJ untuk melakukan scratching.

Master level

Tombol ini fungsinya untuk mengatur keluaran suara menuju speaker monitor. Apabila posisi knob berada di 0 maka tidak akan ada suara yang keluar ke speaker.

Mic Level

Tombol ini fungsinya untuk mengatur keluaran suara dari microfon yang dihubungkan ke mixer Pioneer DJM-300s. Microfon biasanya digunakan dj untuk talking ketika akan perform atau sekedar cuap-cuap supaya membuat acara party menjadi lebih meriah.

Yaps, itulah tadi penjelasan tentang mixer DJ dan juga fungsi tombolnya untuk mixing lagu khususnya buat kalian yang belum mengetahui fungsi-fungsi dari tombolnya tersebut. Jadi, nantinya kalian bisa sedikit paham fungsi dari tombol dasar yang ada di alat dj tersebut.

Sampai disini apakah ada yang ingin kalian tanyakan? Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya langsung ke kolom komentar ya. Dan semangatterus buat kalian yang masih belajar menjadi DJ yang handal.

Salam Deejay

Tags: