[Belajar DJ] Mengenal Lebih Jauh Tentang VST Plugin Untuk Pemula

Rate this post

Mengenal Apa Itu Plugin VST Untuk Pemula ~ Perlu sobat tutorialbelajardj.com ketahui, bahwa DJ Profesional dan produser rekaman saat ini kebanyakan menggunakan VST plugin untuk membuat lagu dan meng edit musik / sound milik mereka.

VST effect plugin dan synthesizer dapat menciptakan suara tiruan dan lebih sering kita jumpai tampilan interfacenya mirip dengan hardware atau alat musik tetapi dalam bentuk software.

Produser di era modern saat ini biasanya memiliki aplikasi pengolahan suara dan synthesis yang terbaik dn itu semua ada di dalam komputer atau laptop miliknya.

Plugin VST Sering Dipakai DJ Terkenal Untuk Ciptakan Musik Dan Lagu

Jadi kalau kita perhatikan, saat para DJ terkenal sedang menciptakan musik untuk lagunya, kita lebih sering menjumpai mereka lebih banyak menggunakan software VST Plugin dan DAW di laptop atau komputer mereka. Lalu apakah sobat Deejaay sudah pada tahu apa sih VST Plugins / Plugin VST itu?

Buat kalian yang belum tahu, yuk simak berbagai penejelasan tentang VST plugins yang telah kami rangkum untuk menjawab berbagai pertanyaan sobat deejaay semuanya, terutama yang masih pemula dj atau newbie dan penasaran ingin lebih paham.

Lalu Apa Itu VST Plugins?

VST merupakan kepanjangan dari Virtual Studio Technology, semacam software yang memberikan akses kepada kita untuk menciptakan suatu instrument tertentu dengan berbagai efek.

VST Plugin itu termasuk “Effect” (contohnya referb, chorus, distortion dll), virtual instrument / instrumen virtual (contohnya membuat suara tiruan dari terompet, gitar, drum, bass, piano, dll), dan synthesizer yang bisa di masukkan atau istilahnya “plug in” ke dalam software / aplikasi Digital Audio Workstation (DAW), yang menjadi host / software utama untuk memproses beragam plugin VST.

baca juga  10 Lagu DJ Terbaik 2016 Yang Wajib Kamu Dengerin
mengenal-apa-itu-vst-plugin-untuk-pemula-terbaru
Mengenal Apa Itu VST Plugin Untuk Pemula

Apa Hubungan VST Dengan Aplikasi DAW Seperti FL Studio?

Steinberg, Apple, Ableton, Image-Line (FL Studio), dan Pre-Sonus merupakan beberapa pembuat developer / pengembang aplikasi DAW yang terkenal dan banyak digunakan selama ini. Saat digunakan di aplikasi DAW seperti FL Studio, VST Plugin bisa digunakan untuk menciptakan suara instrumen atau efek untuk mengolah suara.

Kalau kalian menggunakan FL Studio atau Ableton Live tentunya kalian akan menjumpai opsi VST Plugins di dalamnya. Untuk menggunakan berbagai jenis VST maka kita membutuhkan wadah(host) yaitu aplikasi DAW yang kami sebutkan sebelumnya, tergantung dari selera kalian lebih nyaman menggunakan yang mana.

Baca selengkapnya : Cara Mudah Belajar DJ Bagi Pemula

Apakah VST Dan Plugin Itu 2 Hal Berbeda?

Biar kalian nggak salah kaparah atau salah mengartikan atau salah arti gitu, VST itu sendiri merupakan sebuah format plugin, jadi VST ini merupakan salah satu tipe softtware penghubung antara suatu plugin dan tempat pengolahannya yang biasa disebut “host”.

Adapun format yang lain selain VST itu termasuk Audio Unit(AU), Real Time Audio Suite (ARTAS), FL, dan DirectX (DX). Saat ini VST dan “plugin” telah menjadi bagian yang tak terpisahkan

Tipe Plugin VST Yang Umum Digunakan Produser

Ada banyak sekali VST plugin yang beredar diluar sana, tetapi tahukah kalian bahwa dari sekian banyak VST Plugins tersebut sebenarnya terbagi menjadi 2 kategori?

Yap, VST plugin umumnya terbagi menjadi 2 kategori, yaitu instrumen dan sound effect / efek suara. Nah buat sobat deejaay yang belum tahu tentang hal ini, tutorialbelajardj.xyz akan ngasih tahu apa sih yang perbedaan dari kedua kategori VST ini.

  • VST Instrumen
    VST Instrumen ini mensimulasikan suara dari berbagai instrumen yang biasa atau sering dipakai dalam membuat musik / lagu, contohnya drum machines VST(VST Drum) untuk membuat suara drum, VST Piano untuk membuat suara dari piano akustik / classic/ klasik, dan synthesizer VST untuk suara seperti Roland TB-303.
  • VST effect
    VST effect memberikan digital sound effects atau efek suara digital yang bisa digunakan untuk menambahkan efek reverb, distortion, stereo width dan efek lainnya ke dalam musik selama proses mixing.

mengenal-apa-itu-vst-plugin-untuk-pemula

Seberapa Mirip Suara Tiruan VST Plugins Dengan Alat Instrumen Yang Asli?

Perlu sobat deejaay ketahui, bahwa hingga saat ini, hal tersebut masih menjadi perdebatan dari berbagai pihak, sebagian orang beranggapan bahwa hardware analog (untuk buat sound effect) mustahil untuk ditirukan secara digital melalui software

Sedangkan sebagian orang lainnya memuji revolusi dari VST plugin itu sendiri karena membuat mereka dapat menghemat biaya untuk bisa melengkapi koleksi synth dan efek hanya dengan menggunakan laptop mereka.

Baca juga : Wow! Ini Loh 15 DJ Yang Pakai Topeng Mirip Seperti Marshmello Terkenal Terpopuler Dan Terbaik 2016

Nah, itulah tadi Penjelasan Tentang Apa Itu VST Plugin Untuk Pemula. Semoga info yang kami berikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat dejay semuanya, terutama yang masih pada belajar dj atau pemula. Sekarang dah pada tahu kan apa itu VST Plugin, jadi nanti tidak kebingungan kalau ditanya ama teman.

Tags: