[Tutorial] Fungsi Dan Cara Menggunakan Pitch Bend Di Virtual DJ

Rate this post

Belajar Fungsi Dan Cara Menggunakan Pitch Bend Di Virtual DJ~Hallo sobat Tutorial Belajar DJ semuanya, balik lagi nih ama mimin yang ganteng dan kece di sore ini (dilempar baskom). Kami mau ngelanjutin pembahasan tentang cara buat belajar DJ menggunakan aplikasi Virtual DJ dan kali ini dengan pembahasan yang berbeda yakni Pitch Bend.

Kalo kalian memakai Virtual DJ pastinya bakal nemuin tombol “Pitch Bend”. Apa sih fungsi tombol ini? Pada kesempatan kali ini blog Tutorial Belajar DJ akan membahas tentang fungsi dan juga cara menggunakan “Pitch Bend”.

Namun sebelumnya ada hal yang perlu kalian ketahui terlebih dahulu, yaitu tidak semua skin Virtual DJ mempunyai tombol Pitch Bend. Berikut ini beberapa skin yang mempunyai tombol Pitch Bend :

  1. V-mix variation
  2. Pioneer mep-7000 (untuk Virtual DJ v.6 – 7 )
  3. Denon S-1200
  4. Lab Mix v.3.1
  5. DN – S3500 suggestion internal mixer
  6. VirtualDJ default skin (all)
  7. Mix station SV
penjelasan-fungsi-dan-cara-memakai-pitch-bend-aplikasi-virtual-dj
Penjelasan Fungsi Dan Cara Memakai Pitch Bend Aplikasi Virtual DJ

Pitch Bend Itu Apa ?

Pitch Bend adalah tombol di Virtual DJ yang dipakai untuk menyamakan Pitch atau Beat yang belum sama ketukannya antara lagu yang pertama dengan lagu kedua meskipun BPM-nya udah sama. Kalau kalian klik “Pitch Bend” nilainya itu sekitar 1/2 – 1 beat.

Bagaimana Cara Pakai Pitch Bend?

Ini tergantung pada lagu yang bakal kita samakan beatnnya, tetapi sabagai patokan yang perlu kita samakan beatnya memakai Pitch Bend yaitu Lagu Kedua. Kalau seumpamanya lagu kedua yang ketinggalan beatnya maka yang harus kalian lakukan yaitu klik tanda ” + “(plus).

Kalau lagu kedua yang lebih ketukannya maka klik tanda ” -“(min) , dengerin lewat headphone (set ke cue phone) sampai kalian yakin beatnya dah sama. Atau kalian bisa melihat tampilan WAV Display yang di atas.

Baca selengkapnya : Cara Mudah Belajar DJ Bagi Pemula

Bukannya Sudah Ada Fitur Sync ?

memangbenar sudah ada fitur “Sync”, menurut pengalaman salah satu admin sebagai DJ yang menggunakan Virtual DJ, tombol Sync itu nggak selalu bikin beat antara lagu yang pertama dan lagu kedua itu jadi sama beatnya (kecuali bpm-nya). Maka dari itulah disempurnakan pakai Pitch Bend.

Sama seperti ketika kalian menggunakan CDJ Player Pionner CDJ ,100, 400, dan 800, atau 1000, dan alat yang lainnya yaitu kalian harus menggerakkan jogwell atau dial dengan menekan lubang bulat kecil yang ada di samping vinyl, maju atau mundur, buat mengejar atau menyamakan beat.

Buat kalian yang belum pernah menggunakan CDJ Player jangan dipikirin ya, mendingan dibayangin aja( hehehehe)

Baca juga : [Tutorial Lengkap] Cara Instal FL Studio 12 Terbaru Aplikasi DJ Alan Walker Dan Martin Garrix

Jadi pada intinya tombol Pitch Bend di Virtual DJ digunakan untuk menyempurnakan ketukan atau beat kedua lagu di deck A atau deck B. Hal ini perlu kalian lakukan kalau saja ketika kalian menggunakan “Sync”, tapi beatnya belum sama. Tetapi kalau sudah samarasanya gak perlu buat pakai Pitch Bend.

Yaps, itulah tadi Fungsi Dan Cara menggunakan Pitch Bend, semoga infor yang kami berikan barusan dapat bermanfaat buat kalian semuanya. Selamat mencoba serta silahkan comment dibawah hasilnya ya.

Salam DJ

Tags: