[Tutorial] Cara membuat Lagu DJ Dengan FL Studio Terbaru

3 (60%) 1 vote

Cara Menciptakan Sebuah Lagu DJ Dengan FL Studio ~ Hai sobat Tutorial Belajar DJ. Setelah di artikel sebelumnya kita membahas tentang pengenalan aplikasi DJ yang bernama FL Studio. Kali ini kami ingin ngebahas tentang cara membuat lagu menggunakan FL Studio itu sendiri, khususnya lagu jenis Electronic Dance Music atau yang di kenal dengan EDM. EDM merupakan gabungan dari beberapa instrumen musik electronic yang terdiri dari beragam genre/aliran musik.

Baca juga : Apa Sih FL Studio Itu?

Yang Harus Kita Siapkan Dalam Membuat Lagu Dengan FL Studio

  1. Tentunya harus ada PC atau Laptop yang spek(spesifikasi)nya mumpuni
    Soundsystem atau Headphone
  2. Dapatkan software FL Studio, bebas mau pake yang versi berapa yang penting bukan pakai yang demo gitu
  3. Sudah ada software/aplikasi pendukung Plugin /vst seperti Nexus, Zeta, Harmor, sylenth, dan aplikasi lainnya.
  4. Sediakan Samples serta voice-voice, juga bahan one shot untuk bahan lagunya nanti

Yuk mari kita mulai duduk yang manis di depan PC atau Laptop Anda

Langkah Pertama Membuka FL Studio Yang Sudah Terinstal

Sebagai langkah awal mari kita telusuri terlebih dahulu fungsi-fungsi utama pada FL Studio yang wajib diketahui sebelum kita
menggunakannya.

  • Toolbar area yaitu letaknya di pojok kiri dan paling atas menu utama buat save project, render, options, dan lain-lain.
  • Main Volume fungsinya untuk mengatur besar kecilnya suara pada FL Studio
  • Time panel ini menunjukkan waktu suatu project pada sebuah lagu kita
  • Transport panel gunanya untuk pilihan aksi seperti play, stop dan juga record
  • Tempo BPM berfungsi untuk mengatur kecepatan suatu lagu dan juga tiap masing masing genre suatu lagu memiliki tempo BPM yang berbeda-beda(sesuai standar)
  • Metronome fungsinya untuk mengatur ketukan(beat) lagu terutama dengan variasi drum untuk ketukannya
baca juga  CDJ Player Atau Alat DJ Controller Mana Yang Lebih Enak?

Membuat Sebuah Pattern Atau Pola Looping

Kita buat terlebih dahulu beat(ketukan) dasar di tombol kick, snare, dan hat, serta clap lalu atur sesuai dengan ketukan(beat) lagu seperti yang ada digambar berikut :

tutorial-cara-bikin-lagu-dengan-fl-studio-terbaru
Tutorial Cara Bikin Lagu Dengan FL Studio Terbaru

Kemudian kita klik tanda plus(+) bakal muncul sebuah tampilan kolom dimana kita bisa mengetik nama pattern yang kita inginkan. Sebagai contoh kita akan memberikan nama “Drum 2” di pattern yang kedua ini. Kita bisa memberi nama pattern tersebut sesuka hati. Dan setelah sudah semua dan oke, tekan ‘Enter’.

Apabila sudah benar, pada ‘step sequencer’ yang sebelumnya terisi oleh ‘Pattern 1’ bakal kembali kosong. Mungkin kalian heran, kemana perginya ‘Pattern 1’?

Kalian tenang saja, ‘Pattern 1’ yang kita miliki tadi itu hanya bersembunyi sebab kita sudah membuka ‘Pattern 2’. Dan sekarang kita bisa isikan ‘step sequencer‘ seperti pada langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya.

Dalam membuat beat(ketukan) kita dapat mengatur besar dan juga kecilnya kick drum ataupun bass drum serta yang lainnya dengan mengatur efek (effect) bunyi atau suara serta ada banyak pilihan channel sesuai dengan selera kamu masing”.

Jadi kalian bisa bebas memilih pilihan channelnya mau yg mana, pilihan channel tersebut ada pada channel setting pada mixermaster seperti yang ada di gambar berikut ini.

tutorial-cara-bikin-lagu-dengan-fl-studio

Membuat Melody Dan Bass Di Piano Roll

Sekarang kita akan melukis(cie elah,melukis, tapi emang bahasanya begitu sih ) dengan fitur bernama “Piano Roll”. Fitur ini diklaim sebagai fitur yang menjadi unggulan dari aplikasi FL Studio, sebab fleksibilitasnya yang tinggi dibandingkan dengan piano roll di Digital Audio Workstation lainnya.

Dengan begitu kita bakal diberi kemudahan serta kecepatan buat menyelesaikan lagu yang bakal kita buat. Disamping itu kita dapat membuat cord piano di FL Studio menggunakan piano controller (ini hanya bagi yang emang udah punya alatnya ya).

Baca selengkapnya : Cara Mudah Belajar DJ Bagi Pemula

Pastinya kamu bertanya-tanyakan Apa itu “Piano Roll” yang daritadi disebutin di paragraf sebelumnya? Piano Roll mempunyai fungsi yang hampir sama dengan Keyboard editor, tetapi dengan piano roll ini semuanya bakal jauh lebih mudah untuk dilakukan terutama bila kita hemdak membuat nada untuk lagu yang akan kita buat. (dalam piano roll sendiri itu kita juga bisa membuat nada drum dan juga yang lainnya)

Kesimpulan Tentang FL Studio

Dasar untuk membuat nada beat(ketukan) dengan FL Studio telah kita bahas, sisanya tinggal kreatifitas dari diri kita masing-masinglah yang nantinya berbicara mengenai seberapa baguskah lagu yang bakalan kita produksi/ciptakan.

Bagi pemula, kami menyarankan kamu mempelajari cord-cord dasar piano secara pelan-pelan terlebih dahulu dan juga mengerti konsep dari tangga nada musik itu sendiri. Jika kamu serius mau menjadi seorang pencipta lagu yang handal, sebaiknya kamu sedikit mempelajari dasar/basic untuk memainkan keyboard atau piano.

Pengertian dasar membuat nada pada FL Studio telah selesai. Mudah-mudahan Anda semua dapat mengerti tutorial ini. Banyak sekali hal-hal yang tidak dibahas di sini berkaitan dengan pembuatan nada, jika masih ada yang bingung jangan segan untuk bertanya. Mohon maaf jika penulisan tutorial ini banyak kekurangan dalam bahasa dan penulisan.

Salam DJ.

Tags: