√ Macam-Macam Genre Musik Dugem

Rate this post

Mengenal Berbagai Macam Genre Musik Dugem ~ Siapa sih sekarang ini yang belum pernah mendengar nama David Guetta ataupun Calvin Harris? Mereka beberapa dari sekian banyak Disk Jockey yang sudah mempopulerkan EDM(electronic dance music) alias musik dugem ditangga musik arus utama di berbagai radio dunia.

Namun kamu tahu nggak bahwa EDM itu ada banyak genre? Beberapa diantaranya pantas banget untuk kamu eksplorasi!

Kali ini, tutorialbelajardj bakal membahas tentang berbagai genre yang ada dalam EDM. Mending langsung kamu baca — siapa tahu ada genre dan DJ yang ternyata sesuai sama selera musikmu?

1. House music

Merupakan salah satu genre dalam EDM yang banyak banget diterima oleh publik. Hampir seluruh musik Top 40 saat ini dipengaruhi house music, begitu juga sebaliknya. Genre musik yang satu ini berasal dari Chicago, Amerika Serikat. Kata “house” sendiri berasal dari nama sebuah club malam di kota itu, yaitu The Warehouse.

Ciri khas dari house music ialah tempo yang upbeat, dan groovy dan juga kadang didominasi oleh cord piano dengan tempo sekitaran 126-128BPM. Saking populernya, genre ini memiliki banyak sekali sub-genre tersendiri, diantaranya yaitu:

  • Acid House: merupakan sub genre house music yg mendapat sentuhan trance dan juga techno. Dibandingkan genre house music lainnya Acid House memiliki tempo yang sedikit lebih cepat. Kamu bisa mendengarkan lagu James Jack Rabbit Martin Rabbit Trax 2 untuk tahu lebih jelas tentanggenre yang satu ini.
  • Electro House: Zedd, David Guetta , dan Deadmau5,  merupakan DJ yang mengusung aliran genre Electro House. Hampir semua musik genre ini mempunyai “drop”, contohnya track Strobe milik Deadmau5.
  • Dutch House: Dutch House sendiri merupakan salah 1 sub-genre yang mulai popular, bahkan juga di Indonesia. Biar lebih paham, dengerin track dari Hardwell yang berjudul Spaceman serta track milik Chuckie & Junxterjack yang berjudul Make Some Noise.
  • Progressive House: sub-genre ini memiliki ciri khas tempo musik yang makin lama semakin meningkat, genre ini hampir mirip dengan trance. Coba dengerin tracknya CLMD yang Black Eyes & Blue dan tracknya Calvin Harris yang berjudul Summer.
  • Deep House: merupakan sub-genre yang dapat dikatakan paling chill. Musik genre Deep House sendiri sering di mainkan dicafe atau club yang mempunyai atmosfer santai. Sebagai contoh kamu bisa dengerin Noir & Haze yang berjudul Around, atau track milik Oliver Helden berjudul Gecko.

    4-jenis-genre-musik-dugem-dj
    4 Jenis Genre Musik Dugem DJ

Dan masih ada beberapa sub genre lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu pada kesempatan kali ini.

Baca juga : [GRATIS] 5 Software DJ Terbaik Yang Bisa Dimainkan Di Windows

2. Trance

Merupakan genre EDM yang awalnya berkembang di negara Jerman pada dekade 90an. Karakteristik utama musik ini adalah temponya yang berkisaran dari 125-160BPM serta alur musiknya yang naik turun.

Trance memiliki arti harfiah yaitu keadaan saat kamu berada dialam bawah sadar. Seperti namanya, musik trancedapat membuat kamu terhipnotis dan juga merasa senang ataupun sedih. Sensasi emosional yang dihasilkan tersebut tercipta melalui kombinasi dari berbagai ritme dan juga layer music, dengan melodi serta vokal yang repetitif.

Jika kamu penasaran, coba dengerin beberapa musik genre trance berikut:

  • Above & Beyond – Alchemy
  • Armin Van Buuren ft. Miri Ben Ari – Intense
  • Neelix – Wherever you are
  • BT – Skylarking

Udah diputar semuanya? Setelah ngederin lagu-lagu genre trance diatas kemungkinan besar kamu bakalan memperhatikan bahwa musik trance tersebut juga banyak jenisnya. Kalian tinggi memilih sub-genre mana yang cocok di telingamu.

3. Techno

Genre ini muncul di kota Detroit awal 1980. Ciri khas musik techno adalah penggunaan berbagai macam teknologi baru yang ada dalam dunia musik. Musik techno umumnya merupakan kombinasi synthesizer, dan hentakan drum, serta juga sequencer.

Beberapa DJ dibawha ini yang mengusung genre techno pada setiap set yang dimainkannya :

  • Richie Hawtin
  • Carl Cox
  • Adam Bayer

Techno juga memiliki sub-genre, yakni minimal techno. Sub-genre ini memakai sample musik yang terbilang lebih sedikit dan juga repetitif. Minimal techno memiliki motto yaitu : less is more. Bila kamu penasaran dengan sub-genre yang satu ini coba dengarkan track milik Droplex yang berjudul Dance dan juga Rock the Funk milik Daniel Portman

4. Dubstep

Genre dubstep pertama kalinya diperkenalkan pada akhir tahun 90an di London. Musik ini punya ciri khas dan komoposisi bass sound yang terdistorsi dan nggak beraturan .

Skrillex dikenal sebagai master genre Dubstep, meskipun tidak hanya dia saja yang memonopoli genre ini . Masih banyak musisi dubstep lainnya yang harus kamu dengarkan. Jika kamu penasaran, coba deh dengerin beberapa track bergenre dubstep berikut inii:

  •  Carbonated – Mount Kimbie
  •  Centipede – Knife Party
  •  I can’t stop – Flux Pavillion

Sebenarnya EDM diluar sana masih banyak genrenya, tapi semoga yang kami ulas pada kesempatan kali ini bisa dirasa cukup buat membantu kalian mengetahui lebih banyak tentang genre yang ada di dalam musik EDM. Mohon maaf bila ada hal yang luput atau ada penulisan yang salah. Semoga informasi yang kami berikan dapatbermanfaat buat soba pembaca semuanya.

Salam DJ

Tags: