Teknik DJ Profesional Melakukan Transisi Lagu Dengan BPM Berbeda Jauh

Rate this post

Cara melakukan transisi lagu dengan bpm yang berbeda jauh – Bagi seorang DJ saat sedang memainkan musik atau track, ada kalanya kita berada dalam situasi dimana kita pelru mengganti BPM secara drastis. Dari 128 ke 140 misalnya, atau dari 150 ke 80 bpm.

Salah satu pendekatan yang umumnya digunakan oleh DJ ialah menentukan berapa BPM yang bakal mereka pakai sepanjang show dan cuma bermain di kisaran itu. Juga tergantung musik yang dimainkan, house music kebanyakan berada di 128bpm dan variasi 123 hingga 130bpm.

Drum and bass diatas 160bpm, dubstep dan banyak EDM beradadi 140bpm. Sementara hiphop bervariasi dikisaran 95 hingga 105bpm. Mengganti BPM secara drastis tak mudah dilakukan, dan juga beresiko merusak mood pada dance floor. Transisinya harus sehalus mungkin dan juga tetap mempertimbangkan bagaimana crowd bakal bereaksi.

4 Cara Transisi Lagu dengan BPM yang berbeda jauh

Tetapi jika kamu ingin melakukan eksperimen dengan banyak genre, membuat permainan kamu menjadi lebih variatif dengan Beat Per Minute yang bervariasi ada beberapa trik berikut yang cukup umum serta bisa dipakai untuk itu:

1. Cut/Slam

Crossfader di geser secara cepat (slam) buat menghentikan suara dideck A dan di ganti suara deck B.Beberapa menyebutnya HipHop slam, secara sederhana ialah menggeser crossfader secara cepat buat pindah ke deck lainnya. Jadi suara deck satu hilang, suara deck dua langsung terdengar.

Ini banyak dipakai dibanyak HipHop DJ sebab berbeda dengan house music yang memiliki beat/ritme senada, hiphop memiliki sangat banyak variasi juga tidak selalu cocok di gabungkan.

Tehnik ini tidak bisa dipakai begitu saja, kita harus melakukan eksperimen dan juga hafal lagu mana cocok dicut dengan lagu apa, serta pada bagian mana, dan juga seterusnya. Disarankan dilakukan dibagian yang tidak mempunyai beat sama sekali jadi, kecil kemungkinan trainwreck/tabrakan.

Baca selengkapnya : Cara Mudah Belajar DJ Bagi Pemula

Jika kamu ingin memakai cara ini ada baiknya untuk mengenal setruktur lagu EDM secara umum di mana ada breakdown, build up, dan intro, outro, peak1, peak2. Cut atau slam bisa dengan aman dilakukan di
Breakdown.

baca juga  Tutorial Cara DJ Dengan Software VirtualDJ Untuk Pemula Terbaru

Cut atau slam juga dapat digabungkan dengan baby scracth (simple scratching), atau sample trigger contohnya suara turntable rewind, dan juga bahkan horn dan di lanjutkan lagu berikutnya. Perlu kalian ingat, ini adalah trik paling mudah sekaligus trik paling berbahaya jika dipakai tidak pada tempatnya.

2. Delay freeze (Traktor)

Trik Ini dipopulerkan Ean Golden. Trik ini memiliki prinsip kerja yaitu membiarkan track pertama berhenti dgn delay yang terus menerus, berhentikan tracknya lalu jalankan track kedua. Tempo delay pertama bakal secara otomatis mengikuti tempo pada track ke dua dan juga menghasilkan efek transisi yg halus. Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Ubah effect panel yang memberi pengaruh pada track pertama lalu jadi single mode (ada dipreference lalu pilih effect kemudian FX panel mode), dan pilih efect ‘delay’, dan aktifkan tombol ke dua.
  • Pastikan status dry/wet 100 persen, dan filter 50 persen, kemudian feedback 50 persen, dan rate-nya 1/8. Selain dry/wet kalian bisa melakukan eksperimen dengan valuenya nanti guna mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dan cara penggunaannya adalah: ketika track pertama akan diberhentikan, aktifkan effect, jalankan track kedua, dan hentikan track pertama tersebut. Bagian dari lagu pertama bakal bertidak seperti echo yang seperti mengikuti tempo lagu kedua.

3. Menggunakan BPM Transition Track

Ini merupakan cara paling aman buat mengganti tempo drastis tapi dengan catatan kamu telah menguasai teknik beatmatching manual. Apabila kamu bisa menciptakan musik remix sendiri, kamu dapat menciptakan remix lagu yang dengan awal di BPM tertentu dan juga berakhir di BPM yang lain.

Cara lainnya adalah mendapatkan lagu transisi yang biasanya ada pada beberapa website DJ. Berikut ini adalah salah 1 contoh lagu transisi dengan tempo dari 128bpm ke 100bpm.

baca juga  Cara Mudah Menghilangkan Suara Vocal Dan Musik Pada Lagu [TUTORIAL]

http://bit.ly/2d3Z3SI

Berguna untuk lagu house yang secara umum berada pada range 123-130bpm ke hiphop ataupun twerk dikisaran 100bpm.

teknik-dj-transisi-lagu-terbaru
Teknik DJ Transisi Lagu Terbaru

4. Tempo Fader + Double atau divide tempo.

Cara lain yang dapat digunakan ialah dengan menggunakan tempo fader di tambah fitur double atau divide tempo. Seperti yang kita ketahui, pada tiap kontroller umumnya mempunyai tempo fader yang mempunyai range yang dapat diatur. Misalnya kita mau mixing lagu dengan tempo 155bpm ke 85bpm. Lakukan tahap yang berikut ini:

  • Pastikan tombol sync sedang tidak aktif, lalu naikkan lagu yang pertama dari 155bpm hingga 160bpm menggunakan tempo fader.
  • Kemudian tekan tombol “/2″ jadinya bpm akan terbaca 80bpm.
  • Lalu naik kan dengan tempo fader ke 85bpm.
  • Aktifkan tombol sync kemudian jalankan track kedua.

Dengan tehnik ini kita dapat memulai set dengan 100bpm, naik perlahan hingga 128bpm, naik lagi hingga 130bpm, 140bpm, 155bpm lalu kemudian dibagi 2, mulai lagi dari 75bpm, sehingga kembali lagi ke 100bpm. Secara prinsip yakni menggapai seluruh range BPM dengan cara halus.

Semua trik diatas tentu membutuhkan latihan yangterus menerus agar mendapatkan hasil yang baik. Serta kondisi di panggung atau booth DJ pada umumnya terlalu banyak distraction atau hal yang dapat mengalihkan konsentrasi sehingga kita dapat lupa kemudian melakukan kesalahan.

Jadi kamu harus banyak latihan terus menerus, dan perbanyak jam terbang, dan perhalus transisi serta selalu awasi dan juga pelajari tentang perubahan mood dance floor.

Baca juga : Tutorial Teknik Scratching Atau Turntablist Bagi DJ Pemula Komplit [Part 1]

Demikianlah pembahasan kita tentang Cara melakukan transisi lagu yang memiliki selisih bm terpaut jauh. Semoga informasi yang kami berikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang mendalami duni DJ ini.

baca juga  6 Event DJ EDM Terbesar Di Seluruh Dunia Yang Wajib Kamu Ketahui

Salam DJ

Tags: