Tutorial Teknik Scratching Atau Turntablist Bagi DJ Pemula Komplit [Part 1]

Rate this post

Tutorial Tentang Teknik DJ Dasar Scratching Untuk Pemula ~ Setelah sebelumnya Tutorial Belajar DJ membahas tentang beberapa teknik dasar untuk DJ pemula serta telah membahas tentang teknik dasar mixing.

Pada kesempatan kali ini turorialbelajardj bakal mengulas tentang salah 1 teknik dasar DJ yaitu Scratching dan akan kami kupas secara tuntas setajam silet, khusus bagi kamu yang masih pemula dan ingin mengenal lebih dalam tentang teknik-teknik DJ.

Scratching merupakan salah 1 teknik dasar utama seorang DJ, dan sedangkan turntablist memiliki tugas yaitu membuat karya seninya. mari kita simak berikut ini.

Membeli Serta Mempersiapkan Alat yang Sesuai Untuk Digunakan Belajar Teknik Scratching

Sebelum kamu mempelajari teknik dasar untuk Scratching, terlebih dahulu mempersiapkan peralatan apa sajakah yang akan digunakan untuk mempelajari teknik tersebut. Ada pun peralatan yang harus kamu siapakan sebelum belajar teknik dasar melakukan Scratching yaitu sebagai berikut.

1. Membeli Alat DJ Yang Standar Digunakan

Untuk mempelajari teknik scratching ini, maka langkah pertama yang harus kamu lakuin ialah membeli turntable bertype Direct Drive, dan Mixer serta koleksi piringan Vinyl buat berlatih teknik scratching tersebut.

Tetapi saat ini lebih banyak yang menggunakan Turntable CD (CDJ) karena telah dilengkapi berbagai fitur yang bisa di gunakan untuk melakukan teknik scratching, menghasilkan irama, serta memainkan track lagu dengan menggunakan cara terbalik ataupun yang berkecepatan tinggi dan rendah, serta ada beberapa fungsi lainnya yang dapat di gunakan dalam seni turntable.

Baca selengkapnya : Cara Mudah Belajar DJ Bagi Pemula

2. Mencari Mixer Yang Dilengkapi Dengan Kurva Pada CrossFade

Kurva penyesuaian bakal membantu kamu supaya dapat mengontrol suara dengan berpiindah dari turntable yang satu ke turntable lainnya dengan cara lebih gampang.

baca juga  5 Teknik Dasar Belajar DJ Yang Wajib Dikuasai Pemula

Disamping itu, Scratch Mixer yang baik umumnya sudah meliputi Cross fader yang tidak mesti pas berada ditingkat tengah sebelum suaranya dipindahkan pada saluran yang baru.

Kamu pun tidak harus mempunyai salah 1 mixer jenis ini, tetapi jika kamu udah punya maka proses untuk mixing akan lebih mudah dan kamu dapat melakukan beberapa jenis teknik tingkat lanjut yang lainnya.

3. Memakai Karpet Antislip Di Sela Piringan Yang Akan Digunakan

Karpet anti slip juga merupakan salah 1 kebutuhan dasar untuk melakukan DJ Scratching, jadinya kamu dapat meletakkan jarimu diatas piringan kemudian menghentikan gerakan rekaman itu tanpa harus menghentikan gerakan dari seluruh piringan tersebut.

Jika kamu membeli yang turntable biasa, maka mungkin kamu perlu mempersiapkan potongan plastik, dan lilin atau keras perkamen ekstra. Kamu juga bisa menggunakan kantong belanja bekas dari supermarket yang juga dapat digunakan untuk bantalan anti slip.

Kamu juga dapat membeli sebuah produk yang bernama Magic Carpet yang bakal mengurangi benturan, namun bila kamu kesulitan memakai karpet anti slip, maka kamu dapat beli salah satu prodak bernama Butter Rugs yangmana akan digunakan untuk karpet anti slip permanen.

Butter Rugs adalah jenis karpet yang paling tebal di jual di pasaran serta kamu mungkin masih harus mengurangi benturannya dengan lebih banyak memakai butter rugs tetapi itu semua tergantung selera dan juga kondisi dari peralatanmu.

4. Mengoleksi Rekaman Buat Sampling Buat Digunakan Nanti Untuk Belajar Teknik Scratching

Kamu juga membutuhkan banyak vinyl untuk membuat sebuah musik dan juga Turntablist membutuhkan beberapa campuran dari rekaman serta menggunakan beberapa rekaman dan juga bagian contoh dari rekaman yang lainnya agar dapat menghasilkan sebuah suara yang baru.

baca juga  Berapakah Kisaran Harga Alat DJ Standar Bagi Pemula?
tutorial-teknik-dasar-dj-scratching
Teknik DJ Dasar Scratching

Cara ini merupakan cara yang cukup sulit serta gaya kolase dalam menciptakan musik dan juga cuma dapat dikuasai apabila telah rutin melakukan latihan dan mempunyai rekaman dalam jumlah yang cukup banyak.

Biasanya rekaman scratch memiliki beberapa variasi contoh yang dilengkapi efek suara dan break-beat yang saaling mengisi jadi jangan sampai sembarangan membeli suatu rekaman yang dapat kamu temui dengan cara Daring. Kamu harus mendengarkannya terlebih dahulu untuk memastikan apakah ada yang dapat kamu pakai untuk latihanmu.

Belajar Menemukan Sample Yang Akan Kamu Pakai Untuk Scratching

Untuk seorang DJ, rekaman yang tidak bisa dilompati sudah dirancang untuk mengulang samplenya, sehingga kalau jarum pemutarmu tidak sengaja melompat serta sering terjadi, berarti kamu masih dapat berada di suara yang kamu inginkan, kemudian memainkannya dengan cara yang berulang – ulang supaya jarumnya terbiasa dan dapat mendapatkan rekaman iramanya tersebut.

Kamu bisa menggunakan rekaman acapella atau rekaman yang telah kamu miliki untuk menemukan sample yang bakal kamu pakai, namun biasanya DJ bakal memilih dari sebagian rekaman scratch buat dipakai
berlatih.

Demikianlah Teknik DJ Dasar Scratching Untuk Pemula bagian pertama, untuk bagian selanjutkan akan kita bahas di artikel yang akan datang.

Baca kelanjutannya : Belajar Teknik Dasar DJ Scratching Atau Turntablist Untuk Pemula Part 2

Salam DJ.

Tags: