3 Teknik Dasar Mixing Lagu DJ Untuk Pemula!

5 (100%) 1 vote

Teknik Dasar Mixing Untuk Pemula ~ Hai sobat Tutorial Belajar DJ, setelah kita membahas tentang teknik-teknik dasar DJ untuk pemula, pada kesempatan hari ini kita akan membahas lebih lanjut salah satu teknik tersebut, yaitu Teknik Mixing. Tugas seorang DJ tidak hanya menghibur orang, melainkan juga Mixing sebuah lagu.

Teknik Mixing Wajib Kamu Kuasai Untuk Jadi Seorang DJ Yang Handal

Mixing adalah mencampur sebuah lagu darisatu lagu ke lagu yang berikutnya, baik itu menggunakan Piringan Hitam, atau CD, atau Laptop. Sebagai seorang DJ, kamu harus bisa mengekspresikan citarasa dalam memainkan sebuah lagu atau musik.

Jadi ketika kita melakukan mixing lagu, antara satu yang lagu dengan dengan lagu yang berikutnya agar terdengar harmonis, serta tidak berantakan.

Itu adalah seni seorang Dj, yang menampilkan karya seninya dengan cara mencampur-campurkan lagu tanpa henti serta memberi daya tarik tersendiri pada pengunjung melalui lagu yang di mainkan.

Untuk bisa menguasai teknik mixing, seorang DJ wajib menguasai teknik serta keterampilan pada alat dj yang dimainkan sebab itu sangatlah memiliki pengaruh terhadap skill Mixing pada seorang DJ.

Penjelasan Teknik Dasar Mixing Untuk Pemula

teknik-dasar-dj-mixing-terbaru
Teknik Dasar DJ Terbaru

1. Beat & Clap

Setiap lagu mempunyai dasar pada beat / ketukan dan hal itu merupakan patokan buat menyelaraskan beat dengan lagu yang sedang kita mainkan. Untuk dapat mengenal beat setiap lagu, cobalah dengarkan ketukan drum disetiap lagu itu. Ketukan dram tersebut sama dengan beat.

Dan beat pada tiap lagu biasanya terdengar berbeda-beda serta terbagi jadi dua yakni Beat dan juga Clap. Ketukan itu biasanya terdengar dengan irama suara: Tak Duk Tak Duk atau bisa juga Ces Duk Ces Duk. Duk itulah yang kita jadikan sbagai ketukan yang pertama dan biasa disebut beat dan juga Tak atau Ces tersebut merupakan ketukan yang disebut Clap

Baca juga : Tutorial 5 Teknik Dasar DJ Yang Wajib Kamu Kuasai

2. Speed Hunting

Dan Speed hunting itu merupakan teknik untuk menyamakan Beat Per Minute(BPM) / ketukan lagu yang bakal di mainkan setelahnya. BPM adalah jumlah ketukan atau Beat dalam 1 menit dan ini merupakan sebuah standar ukuran speed dalam sebuah lagu.

Sebetulnya ada alat dj yang khusus dipakai untuk menghitung BPM yaitu Vestax BPM Counter. Namun alat dj tersebut jarang digunakan oleh seorang DJ.

Cara yang sering dipakai untuk menghitung BPM yaitu caranya menghitung beat atau ketukan pada sebuah lagu selama 30 detik, kemudian hasilnya dikali 2, maka terdapat BPM pada lagu tersebut.

Dan cara melakukan speedhunting yakni dengan menggeser atau dengan cara menarik pitch control di turntabel ataupun CDJ agar ketukan kedua lagu itu sama ataupun selaras.

Biasanya guna mempercepat tempo pich yang terdapat pada turntabel di turunkan kebawah. Sedangkan bila ingin memperlambat temponya kita dapat menaikan pich pada turntabel, apabila perbedaan suatu tempo lagu itu terlalu jauh maka tidak dapat disamakan.

3. Menghitung Menggunakan Bar Mix

Setelah kamu mempelajari beat dan clap serta speed hunting, maka tidak sulit untuk kamu melakukan teknik Beat Mixing. Teknik Beat Mixing adalah teknik yang menggabungkan 2 musik yang lagi dimainkan dan yang akan dimainkan.

Agar musik yang selanjutnya kita mainkan terdengar halus serta harmonis maka kita wajib belajar dan menguasai teknik Beat Mixing ini, maka mulai lah pada beat awal saat lagu yang lagi di mainkan terdengar duk atau beatnya juga.

Kita harus dapat mencari celah buat melepaskan beat awal, untuk celah lagu yang paling cocok umumnya ketika irama musik nya aja yang terdengar dan itulah saat yang pas untuk melepaskan beat awal.

Pada umumnya sebuah lagu itu mempunyai intro juga outro yang dapat dijadikan suatu celah untuk melepas beat awal atau juga mengakhiri sebuah lagu tersebut.

  • Intro, biasanya bisa didengar pada awal lagu juga biasanya yang kedengaran hanya suara drum ataupun hanyalah vokal saja
  • Break, biasanya kita dengarkan di tengah lagu dan juga yang terdengar cuma suara beat drum, tetapi beatnya terdengar agak berbeda dengan beat inti ataupun intro.
  • Outro, ini merepukan suara yang didengar pada akhiran lagu biasa nya yang kedengaran hanya beat pada drum atau vokal saja, outro tidak jauh ber beda dengan intro.

Baca selengkapnya : Cara Mudah Belajar DJ Bagi Pemula

Demikianlah penjelasan tentang teknik-teknix dasar mixinguntuk kamu yang sedang belajar untuk menjadi seorang DJ yang handal. Semoga informasi yang Tutorial Belajar DJ berikan pada artikel kali ini dapat bermanfaat buat kalian dan diharapkan bisa memotivasi kalian untuk lebih giat lagi. Tetap semangat ya guys!

Salam DJ.

Tags: