5 Teknik Dasar Belajar DJ Yang Wajib Dikuasai Pemula

Rate this post

5 Teknik DJ Dasar  DJ bagi Kamu Yang Sedang Belajar Tentang DJ ~ Untuk kamu yang masih pemula dan ingin menjadi DJ, pada artikel kali ini Tutorial Belajar DJ ingin membagikan beberapa tips untuk kalian tentang teknik dasar bermain DJ bagi kalian yang masih pemula.

Mungkin, kalian hanya mengenal satu teknik DJ saja yang sering kalian tonton atau dengar, yaitu SCRATCH atau teknik yang biasanya menimbulkan suara yang terdengar ‘cekit cekit’ pada sebuah lagu yang diputar oleh seorang DJ.

Tapi, tahukah kamu kalau sebenernya teknik dalam DJ itu bukan itu aja? Ya masih ada teknik lain dalam DJ yang harus kalian ketahui, terutama buat kamu yang ingin atau baru belajar tentang DJ. Kalian bisa simak berbagai teknik dasar DJ berikut ini

5 Teknik Dasar Dj Yang Wajib Kamu Kuasai Sebelum Menjadi DJ Yang Handal

tutorial-teknik-dasar-belajar-dj-terbaru
Tutorial Teknik Dasar DJ Terbaru

1. CUEING

Cueing merupakan sebuah teknik yang ada dalam dunia DJ yang gunanya untuk mendapatkan titik awal suatu lagu (cue dapat diatur sesuai yang kita mau).

Pada dasarnya cue dari sebuah lagu ialah di depan, tapi bisa kita ubah cue tersebut menjadi ditengah atau bisa juga di bagian akhir lagu menggunakan teknik cueing. Tergantung dari kondisinya gimana dan juga sesuai yang kita mau.

2. BEAT MACHING

Beat Matching ini termasuk salah 1 teknik dasar yang wajib dikuasai oleh seorang DJ (teruatama bagi pemula seperti kamu). Intinya, Beat Matching merupakan proses menyamakan beat(ketukan) antara dua buah lagu yang bakal kita mix.

Bagaimana caranya supaya dua buah lagu tersebut bisa di mainkan secara bersamaan tapi hasilnya bagus untuk didengarkan oleh orang lain. Oleh karena itu untuk dapat menguasai teknik Beat Matching, kita membutuhkan sensitivitas yang besar, supaya suara yang dihasilkan nantinya tidak berantakan.

Sama seperti pada Cueing, pada Beat Matching pun diperlukan pengetahuan dalam bar. Sebetulnya terserah pada DJnya untuk memasukkan beat ke bar yang keberapa. Namun ada baiknya apabila kita memasukkan beat di awalan bar.

3. MIXING

Teknik Mixing merupakan teknik paling dasar pada DJ yang wajib kamu kuasai bila ingin menjadi seorang DJ terutama yang masih pemula.

Teknik Mixing ini membutuhkan kreatifitas dari seorang DJ untuk bisa mencampurkan 2bh(buah) lagu menjadi sebuah lagu dengan element-element dari dua buah lagu tersebut. Pada kontes dengan kategori seperti long-mix maupun juga mega mix sangat dibutuhkan teknik yang satu ini.

Baca selengkapnya : Cara Mudah Belajar DJ Bagi Pemula

4. LOOPING

LOOPING merupakan salah satu teknik di dunia DJ yakni untuk mengulangi salah satu bagian pada sebuah lagu . Dapat juga dibilang memotong suatu bagian yang bakal berulang dibagian itu saja.

Misalnya kita ingin mengulang dibagian seorang yang menyanyi dalam lagu itu, maka tekanlah tombol “IN’ (biasanya terletak dikiri atas atau dibawah layar tergantung dengan model CDJ yang digunakan) untuk menentukan potongan bagian awalnya.

Kemudian tekan tombol “OUT” (berada disampingnya tombol IN) untuk kita menentukan bagian akhir yang ingin diulang tadi. Setelah kita memencet tombol “OUT” maka bagian lagunya akan berulang dibagian itu saja. Kemudian untuk keluar dari proses Looping tersebut, kita cuma perlu mmencet tombol “EXIT” maka lagu tersebut akan balik berjalan seperti biasanya

5. CUTTING

Seperti yang kita tahu kata CUT berarti memotong. Maka teknik cutting dalam dunia DJ merupakan teknik memotong sebuah lagu sebelum lagu tersebut yang sedang kita mainkan habis.

Itu melakukan tekning ini juga perlu timing yang pas sebelum menyambungkan lagu sebelumnya ke lagu yang berikutnya. Karena kalau enggak tepat, yang ada malah lagunya engga enak buat didengarkan.

Kesimpulan Dari Seluruh Teknik Dasar DJ Di Atas Bagi Kamu Yang Baru Mendalami Dunia DJ

Seperti itulah teknik-teknik dasar dalam dunia DJ yang wajib kamu ketahui terutama buat kamu yang baru mengenal atau ingin belajar mendalami profesi sebagai seorang DJ.

Kamu perlu mengetahui dan menguasai teknik dasar tersebut sebelum nantinya lanjut ke tahap teknik yang lebih sulit lagi. Bagi kalian yang baru ingin mempelajari teknik-teknik tersebut tidak harus dengan membeli peralatan keperluan DJ yang terbilang mahal tersebut.

Kamu bisa mulai belajar menggunakan software seperti Virtual DJ untuk mulai mempelajari teknik dasar yang ada diatas terlebih dahulu.

Bila kalian merasa sudah mulai mengerti dan ingin mencoba teknik tersebut dengan alat yang sebenarnya, barulah kalian bisa mencobanya langsung baik itu dengan membeli peralatannya atau dengan belajar di tempat kursus DJ di kotamu.

Demikianlah artikel tentang Teknik Dasar Belajar DJ yang kami berikan untuk kamu sobat pembaca Tutorial Belajar DJ, semoga dengan informasi yang kami berikan bisa membantu menambah wawasan kalian tentang dunia DJ dan juga dalam proses belajar kalian untuk menjadi DJ yang handal.

Tags: