Tutorial Cara DJ Dengan Software VirtualDJ Untuk Pemula Terbaru

Rate this post

Panduan Tutorial Cara DJ Dengan Software Dan Penjelasan Dasar Tentang VirtualDJ ~ Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana belajar dj menggunakan software Virtual DJ dan pengenalan tentang aplikasi ini. Virtual DJ merupakan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk belajar dj seperti melakukan remix lagu-lagu.

VirtualDJ Memiliki Beragam Platform Sesuai Kebutuhan Para DJ

Virtual DJ hadir dengan 4 tipe dan tiap platform tersebut memiliki fungsionalitas berbeda-beda, dan tentunya makin keatas maka semakin canggih juga software tersebut. Baiklah, langsung saja ke pengenalan pada aplikasi Virtual DJ ini.

Pengenalan beberapa Platform pada Virtual DJ

– Home (Gratis)

Virtual DJ tipe Home menyediakan hampir seluruh fasilitas menarik yang dimiliki oleh versi yang PRO, kecuali beberapa fitur advance yang diperlukan oleh seorang DJ yang berpengalaman, contohnya pengaturan untuk sound yang lebih lengkap dan kompleks, pengaturan controller, broadcast atau juga full video output.

VirtualDJ tipe HOME ditujukan bagi Anda yang pemula dan baru belajar tentang DJ dan kalangan rumahan, dimana kita dapat belajar dasar-dasar DJ dengan mengeksplorasi berbagai cara melakukanmixing sound dengan menggunakan keyboard, mouse dan juga sound card bawaan dari komputer / laptop kita.

Baca selengkapnya : Cara Mudah Belajar DJ Bagi Pemula

– Broadcaster

Virtual DJ tipe Broadcaster diperuntukkan bila Anda yang sudah cukup mahir me-mixing sound, sehingga kita bisa membawa level kemampuan mixing kita ke tingkat yang lebih tinggi, serta ke audiens atau pendengar yang lebih besar lagi dengan fitur Broadcaster ini.

Dimana kita dapat membroadcast sound yang telah kita mix ke temen-teman kita atau ke audiens lain yang lebih besar dengan cara menggunakan koneksi server web radio. Virtual DJ tipe Broadcaster dapat membantu kita dalam mengasah skill DJ di lapangan dan juga membuat bakat DJ kita lebih dikenal oleh orang lain.

baca juga  [Tutorial] Cara Membuat Beat Drum Di FL Studio Aplikasi DJ Alan Walker

– Pro (Basic)

Virtual DJ tipe Pro Basic adalah tipe platform yang terbilang “excellent” bila Anda memang bersungguh-sunggu ingin menjadi DJ Profesional, versi yang ini banyak digunakan di house party dan juga mobile DJ.

Fitur yang ditawarkan pada tipe Pro Basic pastiya lebih lengkap lagi terutama dalam urusan pengaturan suara yang membutuhkan koneksi dengan mixer eksternal, namun sayangnya tidak termasuk fitur full-screen video output dan juga Timecode.

– Pro (Full)

Virtual DJ Pro versi Full merupakan platform terlengkap serta tercanggih dari aplikasi Virtual DJ, yang telah menyediakan seluruh fitur yang dibutuhkan oleh kebutuhan dalam DJ, seperti fitur Timecode (Digital Vinyl System), fitur Full Screen Video Ouput, fitur broadcasting dan masih ada banyak lagi yang lain

Pengenalan Tentang Interface Pada Virtual DJ

tutorial-dj-virtual-dengan-software-terbaru
Tutorial DJ Virtual Dengan Software Virtual DJ

Untuk dapat menjalankan program pada software Virtual DJ ini pertama-tam kita harus paham tentang fungsi pada Interface dan Tool yang sudah disediakan oleh Virtual DJ. Berikut gambar dan fungsi-fungsi Interface dan tool:

  1.  berfungsi sebagai mixer sound yang gunanya mengatur output suara, seperti mengatur suara bass, midi, high, low dll yang telah disediakan
  2.  berfungsi sebagai pengatur tempo di dalam lagu yang diputar serta kita dapat mengatur secara manual / otomatis tempo yang kita inginkan di dalam lagu yang sedang kita putar
  3.  Hot cue sebagai pemotong / penanda dalam pemutaran suatu lagu, Contoh misalnya bila kita ingin mengulangi lagu di bagian tertentu agar berulang(loop) kita dapat menggunakan ini
  4.  Tool ini fungsinya sebagai pengatur voleme ketika kita hendak menggabungkan 2 lagu sekaligus
  5.  – cue : fungsinya sebagai pengulang lagu yang telah ditandai seperti pada tanda gambar nomor 3
    – sync : fungsinya sebagai pengatur tempo secara otomatis agar tempo lagu yang digabung cocok dan serasi
  6.  DECK 1 CONTROLS : drag lalu drop musik dari browser kamu (folder) ke virtual deck ini untuk dapat memainkannya di Virtual DJ. Pada bagian ini juga menampilkan judul Track / musik yang sedang dimainkan, juga beats per minute atau bpm, serta counters, dan juga Transport Control
  7.  RHYTHM WINDOW : di bagian ini menampilkan bentuk gelombang dari setiap lagu yang sedang dimainkan di tiap deck. Pada bagian ini pun menampilkan Computer Beat Grid atau CBG yang digunakan untuk visual mixing dan juga beat-matching.
  8.  fungsinya utuk mengepaskan tempo yang dihasilkan dari 2 lagu yang digabung

Area Browser ini dibagi menjadi beberapa bagian panel yaitu :

1. Folder Structure / File System

Virtual DJ telah menyediakan fasilitass untuk membuat grup dari koleksi-koleksi audio kita dan juga mengaksesnya dengan interface dari 3rd party. Kita juga bisa membuat navigasi tambahan yang dapat mempermudah kita dalam mencari koleksi audio tersebut seperti Virtual Folders, serta Filter(smart)Folders dan juga Favorite Folders.

Untuk memudahkan kita memahami fitur ini kita dapat meng klik “Options”, kemudian klik “?” tombol Config lalu buka bagian tab Browser. Ada banyak sekali kategori yang sudah tersedia di list ini antara lain :

  • iTunes : fungsinya untuk menampilkan koleksi lagu yang ada dalam folder iTunes
  • GeniusDJ : fungsinya untuk menampilkan koleksi lagu sesuai yang selama ini paling sering kita mainkan

2. File atau Search Results

Dibagian ini akan menampilkan hasil dari pencarian berdasarkan kriteria yang sudah kita masukkan. Kolom yang di tampilkan ialah judul lagu, nama penyanyi, serta beat per minute atau BPM dan juga lama durasi
lagu. Informasi BPM ini sangat penting sekali dalam melakukan mix lagu yang akan kita mainkan nantinya.

3. Automix Playlist

Pada bagian ini fungsinya untuk playlist lagu yang bakal kita mainkan sesuaii dengan decknya. Apabila yang aktif ialah deck1 maka akan dimainkannya pada deck 1, dan jika yang aktif itu deck 2 maka yang akan dimainkan itu pada deck2. Sesuai dengaan namanya Automix ini akan melakukan mix lagu sesuai dengan lagu yang ada di dalam playlist. Model Automix disini ada 5, yaitu :

  • Smart : akan otomatis diatur dan di optimisasi oleh aplikasi sesuai outro dari lagu yang akan habis, lalu dengan intro dari lagu yang bakal dimainkan.
  • Fade (dengan remove intro/outro) : fungsinya menghapus silent atau dead air, diawal maupun di akhir dan memberikan efek crossfade sesuai dengan panjang automix.
  • Fade (dengan remove silence): fungsinya saat pergantian track, program bakal menghapus silence atau dead air yang ada di akhir lagu.
  • Fade (dengan remove nothing): fungsinya saat pergantian track, program akan melakukan automix dengan menambahkannya efek crossfade dari lagu yang hendak selesai dengan yang bakal mau dimainkan. Panjang efek dari crossfade ini dapat kita atur secara manual.
  • None (dengan back to back): fungsinya membuat jadi tidak ada efek, atau apa adanya saja.

4. Sidelist

Untuk bagian ini bisa juga dibilang sebagai playlist cadangan, ini bisa kita gunakan untuk menyimpan lagu-lagu yang dirasa akan kita mainkan bila secara mendadak kita butuhkan.

Demikianlah ulasan tentang Panduan Tutorial Cara DJ Virtual Dengan Software Dan Penjelasan Dasar Tentang Virtual DJsemoga informasi kami yang berikan pada kesempatan ini dapat membantu Anda yang sedang belajar menjadi DJ yang handal atau bagi yang baru ingin memulai untuk mendalami dunia DJ ini.

Salam DJ.

Tags: