6 Alat DJ dan Penjelasannya Yang Wajib Kamu Ketahui

Rate this post

Beragam Alat DJ (DJ Gears) Beserta Fungsinya Yang Wajib Kamu Ketahui Bagi Kamu Yang Sedang Belajar Jadi DJ~Dalam menjalankan tiap aksinya, seorang Disc Jockey(DJ) biasanya memakai seperangkat alat elektronik yang biasa disebut DJ Gears atau Perlengkapan / Alat-Alat DJ (DJ Equipment).

DJ Gears pada umumnya terdiri atas Media Player (CD Decks atau Turntable), sebuah DJ Mixer, DJ Headphones, DVS dan lain sebagainya. Setiap peralatan DJ ini mempunyai fungsinya tersendiri. Misalnya Turntable yang fungsinya sebagai media pemutar atau player untuk membaca sebuah piringan hitam.

Kali ini tutorialbelajardj.com akan menjelaskan macam-macam alat dj serta pengertian untuk tiap alatnya supaya kalian bisa mudah memahaminya, sebagai berikut :

Turntable Sebagai Pemutar Piringan Hitam (Vynil)

turntable-dj-tutorial-belajar-dj-terbaru-xyz
Alat Musik DJ Terbaru Turntable Merk Pioneer

Turntabel adalah alat yang digunakan untuk memutar piringan hitam (vinyl). Turntabel sekarang ini tidak sama dengan yang dulu, sebab sudah mengalami cukup banyak perubahan dan juga ada tambahan fitur pada turntabel yang saat ini.

Turntabel yang kerap digunakan oleh para DJ handal yakni TECHNICS SL-1200 MK II, sebab sistem mekaniknya yang simpel dan juga sistem motornya yang akurat.

CDJ Membuatmu Bisa Menemukan Beat Yang Pas

CDJ atau yang sering disebut dengan CD player. Alat yang satu ini khusus dibuat untuk DJ, sebab CDJ ini memiliki fitur yang khusus dibuat untuk menemukan beat dan juga ada terdapat pitch controlnya seperti halnya pada turntable, oleh sebab itu CDJ berbeda dengan pemutar CD yang lainya.

Apalagi di era secanggih sekarang ini, penggunaan CDJ makin berkembang dan juga banyak dipakai oleh para DJ di club-club ataupun di event-event outdoor. CDJ juga telah dipakai sebagai alat utama seorang DJ di Eropa dan juga Amerika sejak tahun 1994.

Berbagai merk berusaha berlomba-lomba membuat type dan kecanggihan fitur dari CDJ ini. Beberapa contoh antaranya yakni Pioneer, Numark, Denon, serta lain sebagainya.

Kebanyakan DJ lebih memilih memakai CDJ dibanding dengan Turntabel karena pemutar yang digunakan Turntabel terbilang cukup berat dibandingkan CDJ, selain itu juga bentuk CDJ terbilang sangat simple serta yang paling penting mudah untuk membawakan lagu-lagunya.

Baca selengkapnya : Cara Mudah Belajar DJ Bagi Pemula

Mixer Sebagai Alat Penting Bagi DJ Tak Hanya Untuk Menggabungkan Lagu Saja

mixer-dj-tutorial-belajar-dj-terbaru
Alat DJ Terbaru Mixer Merk Pioneer

Mixer adalah alat yang gunanya untuk mengabungkan 2 lagu yang dimainkan oleh DJ. Fungsi dari mixer sendiri ada banyak sekali, sebab selain untuk untuk menggabungkan 2 lagu, mixer ini juga dapat digunakan untuk memberikan suatu efek-efek suara (namun hanya terdapat pada beberapa mixer tertentu saja), mixer ini pun dapat mengatur volume pada microphone dan lain sebagainya.

Mixer Dj sangatlah berbeda dengan mixer – mixer yang dipakai untuk band ataupun studio rekaman. Pada mixer DJ pada umumnya terdiri atas Chanel Turntabel (phono), Cueing Level (headphone monitor), Master Volume, Tape (line), dan juga fasilitas lainnya seperti Equalizer, DJ Mic, Crossfader, VU, Display, serta lain sebagainya.

Headphone Yang Sangatlah Penting Untuk Speed Hunting

Jangan pernah anggap remeh alat satu ini, meski bentuk alat ini kecil akan tetapi sangat penting bila seorang DJ sedang melakukan Speed Hunting ataupun pada saat Mixing sebuah lagu. Headphone berguna untuk me-monitoring lagu yang bakal dikeluarkan atau pun saat kedua lagu itu Running.

Kita tak harus membesarkan volume yang ada pada headphone, yang penting cukup jelas terdengar oleh telinga kita untuk memonitoringnya. Setiap merk headphone memiliki keunggulan masing masing, akan tetapi yang paling penting headphone tersebut nyaman di telinga kita, serta suara yang dihasilkan headphone tersebut jelas ataupun tidak pecah apabila dibesarkan volumenya.

Sebetulnya para DJ hanya menggunakan headphone pada sisi sebelah saja itu untuk melakukan CUe-ing atau Speed Hunting, lalu yang sebelahnya lagi dipakai untuk memonitoring lagu yang sedang di putarnya.

Microphone Juga Salah Satu Alat Yang Penting Loh !

Pada umumnya seorang DJ memakai microphone pada saat announching untuk mengucapkan selamat datang atau juga mengucapkan selamat ulang tahun serta dan lain sebagainya. Yang terpenting yaitu kualitas serta mutu yang dihasilkan oleh microphone tersebut, meskipun microphone tersebut harganya mahal akan tetapi bila kualitas suaranya tidak bagus sama aja bohong kan.

Seorang DJ harus mampu menyetel ataupun mengatur adjusment volume, bass, treble,dan gain yang sesuai pada microphone agar tidak terdengar ada gangguan dan suara yang keluar nantinya pada speaker terdengar sangat jelas.

Vinyl Piringan Hitam Ajaib Dengan Berbagai Musik Didalamnya

Vinyl atau yang sering disebut Piringan Hitam ini ibarat seperti peluru buat para DJ (Disc Jockey) dan yang menjadi senjatanya yakni Turntabel atau CDJ. Vinyl memiliki kualitas, dan juga ukuran yang beragam. Sebagai seorang Disc Jockey(DJ) sangat perlu untuk mengetahui hal seperti ini.

Apabila kita hendak membeli vinyl, kita harus sudah tahu mana kualitas yang bagus dan mana yang tidak. Vinyl bisa dibagi menjadi 2, yaitu:

  1. Long Play Record (yang berukuran besar), Biasanya berisi banyak lagu didalam satu side/muka dan ukurannya yang standard yaitu 12 inci
  2. Single Record (yang berukuran kecil), Biasanya berisi 1 lagu disetiap side/muka dan ukurannya yang standar ialah 7 inci.

Nah, itulah tadi alat-alat DJ beserta penjelasannya yang biasa digunakan oleh para DJ baik yang baru mulai belajar menggeluti dunia DJ ini maupun yang sudah mahir. Semoga dengan pengertian yang tutorialbelajardj.xyz berikan tadi dapat membuat kalian lebih mengetahui tiap-tiap alat dj tersebut.

Salam DJ.

Tags: