Biografi DJ Martin Garrix Berawal Dari Aplikasi FL Studio

Biografi Martin Garrix ~ Siapa yang tak mengenal DJ Ganteng yang satu ini, salah satu DJ Terbaik di dunia yang terkenal dengan singlenya yang fenomenal berjudul “Animals”. Buat kamu yang belum baru mengenal DJ ini kamu bisa coba dengerin beberapa lagu EDM miliknya seperti Bouncybob, Poison dan yang single terbaru yang berjudul “Oops”.

Pada kesempatan kali ini Blog Tutorial Belajar DJ akan membahas tentang siapa sih Martin Garrix? dan juga bagaimana perjalanannya memulai karir sebagai DJ hingga menjadi terkenal. Yuk, simak ulasan biografinya yang berikut ini.

Siapa Sih Martin Garrix Itu?

Martijn Gerard Garritsen, atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya saat perform yaitu Martin Garrix, merupakan seorang DJ dan juga musisi sekaligus seorang produser berkebangsaan Belanda. lahir pada tanggal 14 Mei 1996 di kota Amstelveen, Belanda. DJ muda yang satu ini mengusung musik bergenre Progressive house, Big Room House, Electro House dan juga Future Bass.

Saat ini ia menempati peringkat ke-3 di DJ Mag 2016, dan ia merupakan mendirikan sebuah label rekaman STMPD RCRDS ( dibaca Stamped Records) beberapa bulan setelah meninggalkan Spinnin’ Records dan MusicAllStars Management karena permasalahan kepemilikan hak cipta atas salah satu lagunya yang sangat hits dan fenomenal yakni lagu yang berjudul “Animals”.

Perjalanan Martin Garrix Berawal Dari DJ Aplikasi FL Studio Hingga Menjadi DJ Terkenal

biografi-dj-martin-garrix-terbaru
Biografi DJ Martin Garrix Terbaru

Awal Karir Martin Garrix Terinspirasi Menjadi Seorang DJ Dan Menggunakan Aplikasi DJ FL Studio

Martin Garrix belajar bermain gitar saat berumur 8 tahun. Di tahun 2004, dia pun sangat tertarik untuk menjadi seorang DJ setelah menonton penampilan Tiesto pada ajang Olympic Games yang berlangsung di Athena. Terinspirasi dengan lagu berjudul “Traffic” milik Tiësto, ia pun memutuskan untuk menggunakan aplikasi khusus bernama FL Studio (Fruity Loops Studio), yang dapat membuatnya memulai mengkomposisi/menciptakan sebuah lagu.

Pada tahun 2013 ia pun lulus dari sebuah sekolah produksi bernama Herman Brood Academy di Utrecht, Belanda. Ia pun menjadi seorang Ghost Writer yang menulis lagu untuk artis lain, meskipun hanya 1 dari 50 lagunya yang berhasil muncul ke publik.

Awal Mula Perjalanan Martin Garrix Mulai Dilirik Pihak Label Rekaman

Martin Garrix mengawali karirnya dengan lagu yang berjudul “BFAM” yang mana ia berduet DJ senegaranya, Julian Jordan dan ia pun berkolaborasi dengan TV Noise dalam lagunya berjudul ” Just Some Loops” yang muncul dalam album kompilasi “Loop Masters Essential, Volume 2”.

Martin Garrix menandatangani kotrak kerjasama dengan Spinnin’ Records di tahun 2012. dan merilis lagu “Error 404” di bawah naungan label rekaman ini.

Titik Balik Nama Martin Garrix Melejit Di Dunia Musik Internasional

Di tahun 2013, Martin Garrix bersama DJ berkebangsaan Belanda, Sidney Samson merilis lagu “Torrent” di bawah label rekaman milik Tiësto, Musical Freedom. Ia menjadi terkenal setelah merilis single miliknya yang berjudul “Animals” yang dirilis pada tanggal 16 Juni 2013 di Belanda di bawah naungan Spinnin’ Records, dan merajai banyak chart lagu di Eropa, dan dia menjadi musisi termuda yang mampu mencapai posisi No.1 di salah satu Online Music Store EDM terkenal, Beatport.

Lagunya tersebut muncul dalam album milik Hardwell “Hardwell presents ‘Revealed Volume 4”. Pada 30 September 2013, Martin Garrix merilis remix dari “Project T” milik Sander Van Doorn dan Dimitri Vegas & Like Mike yang dengan cepat menempati posisi nomor 1 di Chart Beatport.

Martin Garrix muncul di daftar “Top 100 DJ’s” di DJ Magazine(DJ Mag) tahun 2013 sebagai New Entry dan menempati posisi 40. Tahun 2014, ia kembalik masuk ke dalam daftar “Top 100 DJ’s” di DJ Mag dan menempati posisi nomor 4.

Berkolaborasi Merilis Lagu “Wizard” Dan “Helicopter”

Pada November 2013, Martin Garrix menandatangani perjanjian dengan Scooter Braun Projects( sekarang menjadi School Boy Records) milik Scooter Braun. Dan pada Desember 2013, ia merilis lagu berjudul “Wizard” berkolaborasi dengan Jay Hardway, dan lagu Martin Garrix tersebut menempati posisi ke-4 di Belgia dan posisi ke-17 di Belanda.

Kolaborasinya dengan Firebeatz dalam lagu “Helicopter” menempati posisi pertama di “Top 100” chart Beatport selama 2 minggu berturut-turut. Pada ajang Ultra Music Festival 2014 yang berlangsung di Greater Downtown Miami, dimana ia memulai debutnya dengan beberapa lagu barunya dan lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya, termasuk kolaborasinya dengan Dillon Francis, Hardwell dan Afrojack.

biografi-dj-martin-garrix

Kolaborasi Martin Garrix Bersama Beberapa DJ Terkenal Di Tahun 2014

Dan di tahun 2014, Martin Garrix merilis lagu berjudul “Proxy” sebagai lagu yang bisa didapatkan secara gratis. Ia juga merilis sebuah lagu yang berduet dengan MOTi yang berjudul “Virus (How About Now)” dan di tahun yang sama ia juga berkolaborasi dengan Afrojack dan merilis lagu “Turn Up The Speaker” yang mana menjadi lagu perdana mereka di Ultra Music Festival.

Penghargaan Yang Diraih Oleh Martin Garrix

  • 2013
    – Pada ajang Dance Music Awards Martin Garrix menyabet 3 penghargaan sekaligus, yaitu pada kategori “Best Electro / Progressive Track”, “DJ of The Year” serta “Newcomer of The Year”.
  • 2014
    – Pada ajang The Buma Awards yang berlangsung di Belanda, lagu yang berjudul “Animals” miliknya berhasil mendapatkan penghargaan untuk nominasi kategori “Best International Song” .- Dan di ajang NRJ DJ Awards bartin Garrix berhasil memenangkan 2 penghargaan sekaligus yakni “Best Live Performance” dan lagu “Animals” memenangkan nominasi “Best Music” atau sebagai lagu terbaik.
  • 2015
    – Pada ajang YouTube Music Awards tanggal 23 Maret 2015 tahun lalu, Martin Garrix berhasil menjadi salah 1 pemenang dalam kategori “50 artists to watch” bersama dengan artis terkenallainnya seperti Ed
    Sheeran, Ariana Grande, Beyoncé, Katy Perry dan masih banyak lagi yang lainnya.- Martin Garrixberhasil memenangkan nominasi “Best Electronic” dalam ajang MTV Europe Music Awards setelah bersaing dengan David Guetta, Calvin Harris, Major Lazer dan Avicii.
  • 2016
    – Pada MTV Millennial Awards Martin Garrix menyabet penghargaan untuk nominasi “Beat Guru”.

Demikianlah Biografi DJ Martin Garrix Beserta Perjalanan Karirnya Yang Berawal Dari Aplikasi DJ Hingga Menjadi DJ Terkenal. Semoga dapat menginspirasi kalian terutama yang masih merintis karir sebagai seorang DJ yang handal dan terkenal seperti yang kalian idolakan. Tetap semangat ya and Don’t Give Up!

Salam DJ

Tags: